Database

tugas kuliah aplikom kelima bisa didownload disini : tugaske5

ABSTRAK
database sangat penting dalam mengorganisasikan sekelompok data terlebih jika datanya dalam bentuk yang besar. Beberapa macam aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah database yakni ms. Access dan mySQL.
Kata kunci : database, DBMS, Ms.Access, MySQL
PENDAHULUAN
Dengan pemutakhiran tekhnologi beberapa dekade terakhir, makin mempermudah pengorganisasian data yang dapat mengefisienkan waktu dan muatan data. Hal inilah yang disebut database, yakni Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Dan penggunaan database telah berkembang pesat dan disesuaikan dengsn kepentingan penggunanya.

PENGERTIAN DATABASE
1. Menurut Gordon C. Everest :
Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.

2. Menurut C.J. Date :
Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
•    Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
•    Data output adalah data yang dihasilkan sistem
•    Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
3. Wikipedia
Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Jadi dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, database merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database system. Database system ini adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.

BEBERAPA ISTILAH DALAM DATABASE
Istilah-istilah dalam database antara lain :
1.Variabel yaitu kontainer khusus yang digunakan untuk menyimpan data untuk sementara pada program
2.Field adalah kategori informasi yang disimpan dalam database
3.Data adalah satu satuan informasi
4.Width yaitu menunjukkan lebar sebuah field
5.File adalah kumpulan dari beberapa record yang sejenis
6.Record adalah kumpulan dari suatu informasi orang atau suatu objek tertentu
7.Field kunci berguna untuk mengidentifikasikan record

SIFAT DATABASE
Beberapa Sifat-sifat Database sebagai berikut :
1. Kesatuan (integritas) dari file­file yang terlibat.
2. Internal
3 .Terbagi/share : Elemen­elemen database dapat dibagikan pada para user baik secara sendiri – ­sendiri maupun secara serentak dan pada waktu yang sama (Concurrent sharing).

FUNGSI DATABASE
1.    Data Definition
Database Management system (DBMS)  harus dapat mengolah pendefinisian data
2.    Data Manipulation
DBMS harus dapat menangani permintaan-permintaan dari pemakai untuk mengakses data
3.    Data Security & Integrity
DBMS harus dapat memeriksa security dan integrity data yang didefinisikan oleh DBA
4.    Data Recovery & Concurency
•    DBMS harus dapat menangani kegagalan-kegagalan pengaksesan database yang dapat disebabkan oleh kesalahan sistem, kerusakan disk, dsb.
•    DBMS harus dapat mengontrol pengaksesan data yang konkuren yaitu bila satu data diakses secara bersama-sama oleh lebih dari satu pemakai pada saat yang bersamaan.
5.    Data Dictionary
DBMS harus menyediakan data dictionary
6.    Performance
DBMS harus menangani unjuk kerja dari semua fungsi seefisien mungkin.

CONTOH PENGGUNAAN DATABASE
Beberapa Macam Database yang biasa digunakan :
1. Ms. ACCESS
Ms. Access adalah Database Storage Engine buatan dari Microsoft yang menempel di produk Microsoft Office. Untuk instalasinya membutuhkan space di hardisk yang lumayan besar. Engine ini hanya bisa dijalankan di lingkup sistem operasi Windows saja. Kapasitas datanya sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system ato home bisnis. Untuk keamananya tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.
•    Kelebihan Ms. Access :
Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
•    Kekurangan Ms. Access :
Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.
2. MySQL
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.
•    Kelebihan MySQL :
- Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows,    MacOS dll.
- Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
- Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki    panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR,TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP,YEAR, SET dan tipe ENUM.
-Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY.     Mendukung terhadap fungsi penuh [COUNT ( ),COUNT (DISTINCT), AVG ( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ) AND MIN ( )].
- Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.
- Mendukung ODBC for Windows 95 (dengan source program). Semua fungsi ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access    untuk connect ke MySQL server.
- Menggunakn GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas
- Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.
- Ditulis dengan menggunakan bahasa C dan C++. Diuji oleh compiler yang sangat jauh berbeda.
- Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengijinkan 'Host-Based' Verifikasi.
- Open Source dan gratis didownload.
- Lebih hemat resource memory (dibandingkan database lain).

•    Kekurangan MySQL :
- Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti visual basic, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
- Data yang ditangani belum begitu besar.
KESIMPULAN
Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan database merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya.

DAFTAR PUSTAKA
http://denriyolan.blogspot.com/2010/07/kelebihan-dan-kekurangan-dari-beberapa.html diunduh pada tanggal 17 Mei 2012 pukul 18.50 WIB
http://54ll1.wordpress.com/2008/07/21/pengertian-database diunduh pada tanggal 17 Mei 2012 pukul 18.55 WIB
http://ilmuweb.net/tag/belajar-database/  diunduh pada tanggal 17 Mei 2012 pukul 19.03 WIB
http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data diunduh pada tanggal 17 Mei 2012 pukul 19.12 WIB
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2068242-manfaat-database/#ixzz1v90WlArF diunduh pada tanggal 17 Mei 2012 pukul 19.21 WIB

Komentar

Postingan Populer