Sejarah Perkembangan Mesin Pengolah Data

Abstrak
Penemuan mesin pengolah data yang saat ini kita nikmati dengan baik ternyata memiliki perjalanan yang cukup panjang. Lebih dari lima ribu tahun lalu penggunaan alat untuk mengolah data telah diciptakan. Ada empat periode yang telah dilalui untuk mencapai hasil yang seperti sekarang ini, dan itu memakan waktu yang cukup lama. Kita patut mensyukuri dan menggunakan teknologi yang telah ada sebaik mungkin. Apabila mungkin, pengembangan teknologi yang telah ada bagi kemaslahatan umat mendatang akan jauh lebih bermanfaat.

Keyword
 Abacus, Kalkulator roda numerik, Kalkulator mekanik, komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, komputer generasi kelima.
Sejarah Komputer
Komputer yang sudah akrab dengan kita saat ini, tidak dengan mudah begitu saja tercipta. Komputer, sebagai alat pengolah data, merupakan alat hitung yang telah berevolusi sedemikian rupa dalam penciptaannya, hingga saat ini kita dapat menikmati kemudahan fasilitas yang sudah ditemukan oleh para ilmuan yang brilian berabad silam. kita awali dari alat pengolah data yang lebih sederhana dan lebih dahulu ditemukan.

Abacus

5000 tahun silam, saudagar Cina, Turki, dan Yunani menggunakan abacus dalam proses niaga yang mereka lakukan. Abacus merupakan sekumpulan bijih seperti tasbih yang dapat bergeser, diletakkan di sebuah persegi panjang dan dipisahkan oleh lidi-lidi. Ini memungkinkan para pedagang untuk menghitung hasil dengan lebih akurat dan tepat. Dan merupakan awal terciptanya mesin dengan sistem komputerisasi.


Kalkulator Roda Numerik
Setelah penemuan abacus, alat pengolah data selanjutnya yang ditemukan adalah Kalkulator roda numerik. Pertama ditemukan oleh Blaise Pascal pada tahun 1642. Kalkulator roda numerik yang dinamai pascaline ini merupakan alat hitung yang berjumlah delapan digit, dan di gerakkan dengan roda-roda bergerigi didalamnya. Berfungsi untuk penjumlahan. Dan pascal menciptakan alat ini untuk membantu ayahnya menghitung pajak.
Tidak lama berselang, yakni tahun 1694, seorang filsuf asal Jerman bernama Gottfried Wilhelm von Leibniz memperbarui temuan pascal dengan menambahkan fitur perkalian di kalkulator roda numeriknya, dan mekanisme pengerjaan kalkulator roda numerik kedua ini sama dengan yang pertama.
 
Kalkulator Mekanik
Pada awalnya Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan Kalkulator mekanik sudah bisa mengaplikasikan empat kemampuan dasar dalam mengolah data, yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang diberi nama Arithometer. Alat tersebut digunakan hingga awal Perang Dunia I. Penemuan ini makin memberi harapan mengenai kemajuan teknologi dibidang pengolahan data yang memang benar-benar diusahakan oleh para ilmuan di era itu.


Selanjutnya di tahun 1882, Charles Babbage seorang ilmuan asal Inggris mengemukakan mesinnya yang dia namakan mesin diferensial. Sesuai namanya, mesin ini dapat melakukan perhitungan persamaan diferensial. Kelebihan lainnya mesin yang diciptakan babbage ini mampu menyimpan program dan mencetak hasilnya secara otomatis dengan bantuanmesin uap.

Setelah menggunakan mesin diferensial selama 10 tahun, babbage dan Augusta Ada King membuat mesin baru yang mereka beri nama analytical engine yang digunakan oleh departemen pertahanan pemerintahan Inggris. Dan program yang ada di analytical Engine di beri nama ADA untuk menghargai jasa yang telah diberikan oleh Augusta dan Babbage.
Berlanjut pada usaha yang dilakukan  John V. Atanasoff dan Clifford Berry pada tahun 1903. Mereka berpedoman pada penemuan george bolle yang menyatakan sistem biner aljabar yang menerangkan bahwa setiap persamaan matematis dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Atanasoff dan Berry menerapkan sestem Bolle pada sirkuit elektrik. Dan di tahun 1940 mereka membuat komputer pertama tetapi proyek itu tidak bisa diselesaikan karena mereka tidak mendapatkan bantuan pendanaan dari pemerintah.
Setelah tahun 1940, barulah komputer dibuat dan di bagi menjadi beberapa generasi yakni :
 
1.    Komputer Generasi pertama (1940-1959)
Di generasi pertama yakni tahun 1940an, mulai ditemukannya beberapa komputer yang biasanya digunakan untuk keperluan berperang, karena pada saat itu Perang Dunia II. Berikut adalah penjabaran singkatnya.
a)  Konrad Zuse di tahun 1941 berhasil menciptakan Z3 yang berfungsi dalam penciptaan pesawat terbang dan peluru kendali.
b) Pihak Inggris pada tahun 1943 berhasil menciptakan colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang dibuat oleh pertahanan Jerman.
c) Di Amerika ditahun1943, Howard H. Aiken yang bekerjasama dengan IMB berhasil menciptakan kalkulator super besar yang diberi nama Mark1. Kekurangan dari alat ini adalah penghitungan yang lambat, ukurannya sebesar lapangan bola dan menggunakan kabel spanjang 500mil.
d)   Diciptakannya ENIAC oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly dari Amerika yang bekerja sama dengan University of Pennsylvania. Kemampuan ENIAC 1000kali lebih cepat dari Mark1.
e) Perkembangan berikutnya datang ketika John Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer [EDVAC] yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data dengan baik yakni sebagai CPU, EDVAC ditemukan pada tahun 1945.
f)  Berpedoman dari penemuan Neumann yang menciptakan CPU, Remington Rand menciptakan komputer komersial pertama di dunia sebagai komputer untuk mengolah data perdagangan di tahun 1951. Berikut adalah gambar dari generasi pertama komputer:
gambar Z3

gambar Colossus
gambar Mark1
gambar ENIAC
gambar EDVAC










































































2.    Generasi kedua (1959 -1964)
Ditemukannya transistor di tahun 1948 menjadi awal yang baik untuk perkembangan komputer selanjutnya. Tidak seperti generasi pertama yang mengggunakan tabung vakum, di generasi kedua ini, televisi, radio, dan komputer menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum. Transistor pertama digunakan untuk pembuatan komputer pada tahun1956 dan hal ini sangat berdampak pada perubahan bentuk mesin  yang jauh lebih kecil.
IBM membuat strech dan Sprery-Rand membuat LARC untuk kepentingan penelitian atom. Akan tetapi, mesin yang diciptakan ini sangatlah mahal, sehingga tidak memungkinkan untuk dipasarkan untuk kebutuhan bisnis. Barulah di tahun 1960-an banyak bermunculan komputer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dan pembuatannya menggunakan transistor sepenuhnya dan kompponen yang ada saat itu, dapat diasosiasikan dengan komputer saat ini, yaitu printer, penyimpan data dalam disket, memori, dan program.
IBM -1401

IBM 1401 merupakan salah satu contohnya. IBM 1401 ini dapat menyimpan data transaksi untuk kegiatan bisnis, dan pencetakan faktur, menghitung gaji karyawan dan desain produk.




3.    Komputer Generasi Ketiga (1965-1980)

Penggunaan transistor memang baik, tapi kekuranan transistor ini adalah menyebabkan panas, sehingga para ilmuwan terus mencari cara untuk melindungi komponen mesin. Dan dengan menggunakan batu kuarsa  untuk mengurangi panas. Dibuatlah IC (Integrate Circuit) yang merupakan satu chip yang menggabungkan tiga komponen mesin dalam satu piringan yang terbuat dari pasir kuarsa, chip ini selanjutnya dinamai semikonduktor. Hal ini juga membuat mesin menjadi lebih kecil ukurannya. Kemajuan lainnya yakni penggunaan operation system (OS) pada komputer. Hal ini memungkinkan komputer dapat menjalankan berbagai program dalkam saat yang bersamaan dan akan dimonitori oleh sebuah program utama.

4.    Komputer Generasi Keempat (1980- sekarang)
Perkembangan IC makin berkembang, hingga dalam sebuah chip kecil sudah bisa menampung ratusan komponen yang disebut LSI (Large Scale Integration), yang memuat ribuan komponen disebut VLSI (Very Large Scale Integration), yang memuat jutaan komponen disebut ULSI (Ultra Large Scale Integration). Setelah itu ditemukan microchip yang membuat chip yang lebih kecil.
Di tahun 1981, IBM memperkenalkan produk mereka yaitu PC (personal Computer) ini diperuntukkan bagi perumahan, perkantoran, dan persekolahan. Hanya dalam sepuluh tahun, 65 juta PC telah digunakan. Setelah pembuatan PC, di lanjutkan dengan Desktop computer(komputer yang diletakkan diatas meja), laptop (komputer yang dimasukkan di dalam tas) dan palmtop(komputer yang bisa digenggam.
Peluang pasar yang sangat besar ini, sangat dimanfaatkan oleh  IBM dan Apple Machintos. Machintos memperkenalkan penggunaan mouse dan penggunaan grafik pada komputernya, sedangkan IBM baru berupa teks.
Perkembangan berlanjut dengan adanya minikomputer yang digunakan di perusahaan, yang memungkinkan pertukaran informasi, memori dan software dan pengerjaan tugas beregu di satu waktu yang bersamaan. Selain minikomputer, penggunaan jaringan kabel yaitu LAN, penggunaan jaringan telepon, dan jaringan nirkabel juga semakin mempermudah para pengguna komputer untuk bertukar informasi bukan hanya dengan rekan yang berada di satu gedung yang sama, tapi juga dengan rekan yang berada di belahan benua lain di seluruh dunia berkat perkembangan teknologi yang berkembang pesat.





 Daftar Pustaka

http://merahitam.com/sejarah-komputer-dan-perkembanganya.html
http://gubugit.wordpress.com/2008/01/07/sejarah-komputer/
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/bigrafi-blaise-pascal.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Gottfried_Leibniz
http://belajar-komputer-mu.com
http://www.anneahira.com/komputer/perkembangan-komputer.htm


 

Komentar

Postingan Populer