software, hardware, OS

ABSTRAK
Perangkat pengolah data ada yang hanya menggunakan hardware, dan ada pula yang menggunakan keduanya (software dan hardware).  Operating system yang sesuai dengan kebutuhan pemakainya akan diketahui apabila kita sebagai konsumen mampu menganalisa produk software dan hardware yang banyak beredar di pasaran. Dengan materi berikut diharap dapat menambah pengetahuan para pembaca tentang software, hardware, operating system, serta aplikasi berlisensi yang sesuai kebutuhan sehari-hari.
Kata kunci : software, hardware, operating system, word processor, spreadsheet.

PENDAHULUAN
Di era yang makin pesat kemajuan teknologinya ini, perusahaan-perusahaan yang memproduksi komputer makin gencar bersaing untuk merebut minat pasar dengan konsumen yang makin pintar dan selektif dalam memilih.
Hal ini tentu saja harus diimbangi dengan pengetahuan dan pemahaman  yang baik oleh konsumen tentang apa itu software, bagaimana kegunaannya dan produk mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan sehari-hari.

Rumusan masalah
1.    Apakah software itu?
2.    Apakah hardware itu?
3.    Gadget apa yang hanya menggunakan hardware?
4.    Gadget apa yang menggunakan software dan hardware?
5.    Apakah operating system itu?
6.    Apa saja aplikasi yang menggunakan word processor?
7.    Apa saja aplikasi yang menggunakan spread sheet?
8.    Apa saja aplikasi berlisensi?

PEMBAHASAN

     Pengertian software
Merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi untuk menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak berwujud. Oleh karena itu tidak dapat disentuh, namun dapat dijalankan dalam sebuah sistem operasi dan yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket, CD dan alat penyimpan lainnya.

     Pengertian hardware
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.    Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2.    perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3.    Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

     Contoh gadget yang hanya menggunakan hardware
a.    Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.







b.    CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.





c.    USB Flasdiks
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).

d.    Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.




e.    Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.







Contoh mesin atau gadget yang menggunakan software dan hardware

a.    Laptop
Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada laptop juga dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" mouse.





b.    Handphone
adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel). Tak hanya itu,teknologi terkini memiliki fitur-fitur pendukung yang dapat memanjakan para konsumen serta mempermudah aktivitas kerja sehari-hari. Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

     Operating system
Operating system (OS) yang banyak digunakan saat ini adalah windows 7. Terdapat paling tidak 6 edisi Windows 7, yaitu : Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate. Dan yang kompatibel dengan yang saya pakai adalah tipe pertama, maka saya hanya membahas yang pertama, windows-7 starter.

Target: Seluruh dunia, biasanya hadir dengan paket komputer baru (laptop/netbook)
Fitur Utama (kunci): Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup & restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana.
Keterbatasan: tidak ada Aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada Multi bahasa, maksimal RAM 2 GB, tidak terseda versi 64bit.
Dengan windows 7 starter, pengguna tidak bisa mengubah wallpaper atau theme windows. Pada awalnya Windows 7 Starter dibatasi hanya bisa menjalankan 3 program satu waktu, tetapi akhirnya keterbatasan ini dihilangkan, sehingga pengguna tetap bisa menjalankan banyak program dalam satu waktu, dibatasi jumlah memory saja. Untuk edisi 32 bit, semua windows selain windows starter mempunyai batas maksimal RAM atau Memory 4 GB. Untuk edisi 64 bit, lebih tinggi dan berbeda-beda.



     Word processor
Merupakan software pengolah kata yang memungkinkan penggunanya untuk membuat, memanipulasi tampilan, mengedit dan menyimpan sebuah dokumen.
Contoh aplikasi yang menggunakan word processor :
a.    IBM Lotus Symphony
Merupakan aplikasi word processing yang dapat mereplace MS word. Aplikasi ini memiliki seluruh tool yang diinginkan dari sebuah word processing yang berkualitas. Dan memungkinkan penggunanya untuk membuat dokumen dengan tampilan profesional. Dan kita tidak perlu membayar untuk menggunakan sotfware tersebut.






b.    ABIword

Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.






     Spreadsheet
Merupakan program aplikasi tabulasi dan pengolahan data pada komputer.
Contoh aplikasi yang menggunakan spreadsheet :

a.    Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel



adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
b.    Quattro pro

Sebuah Windows spreadsheet dari Corel yang menyediakan grafis canggih dan kemampuan presentasi, termasuk pencarian tujuan, grafik 3D dan kemampuan untuk membuat berlapis-lapis tampilan slide. Ini adalah opsional keystroke kompatibel dengan Lotus 1-2-3. Pro Quattro pada awalnya dikembangkan oleh Borland, kemudian dibeli oleh Novell pada tahun 1994 dan Corel pada tahun 1996. Pro Quattro dijual sebagai paket terpisah (Corel Quattro Pro) untuk sementara waktu, tetapi sekarang merupakan bagian dari Corel WordPerfect Office suite.


c.    Lotus

Sebuah spreadsheet populer untuk Windows dan OS / 2, yang merupakan bagian dari paket IBM Lotus SmartSuite. 1-2-3 diperkenalkan untuk DOS pada tahun 1983 dan kemudian porting ke platform lain, termasuk mini dan mainframe.
Nama 1-2-3 dipilih karena terintegrasi spreadsheet, database dan grafik. Ini merupakan program spreadsheet pertama inovatif untuk PC dan diluncurkan dengan kampanye pemasaran yang superior. Kemampuan untuk berfungsi seperti database sederhana itu unik, dan mengubah data ke dalam tabel dengan keystroke tunggal yang mempesona untuk waktu. Bahasa Lotus makro adalah orang pertama yang secara luas digunakan dalam spreadsheet. Sejak itu telah dilengkapi dengan LotusScript, bahasa BASIC seperti yang mendukung manipulasi Catatan.
Aplikasi berlisensi
Ada beberapa tipe lisensi aplikasi, antara lain :
a.    Evaluation Copy / Trial / Preview
Software komersial/propietary versi akhir (full version) yang dilepas ke konsumen untuk dievaluasi untuk jangka waktu tertentu (30/60 hari) untuk pemakaian selanjutnya diharuskan membeli. Apabila tidak, maka software akan tidak berfungsi.
Contoh : Macromedia DreamWeaver, Norton Utilities

b.        GPL (GNU General Public License)
Lisensi yang dikeluarkan oleh GNU/FSF untuk software open source yang mewajibkan para pengguna source code dari software open source untuk membuat software/hasil modifikasi source code tersebut bersifat open source (source code penuhnya tersedia) juga.
Contoh : Linux (kernel), GNOME, GIMP

c.        Freeware
Pengertian yang baku mengenai freeware terus mengalami perubahan, namun secara garis besar yang disebut freeware adalah mencakup pengertian freeware di atas, namun umumnya freeware (untuk platform Windows/BeOS/Mac) bersifat closed-source (tidak boleh dimodifikasi)
Contoh : StarOffice, Winamp (mulai versi 2.50), Netscape Communicator, Internet Explorer

d.    Shareware
Pada umumnya shaeware mencakup free software yang berjangka waktu tertentu, untuk pemakaian selanjutnya dikenakan pembayaran yang berguna untuk : membuka (unlock) proteksi software, menghilangkan peringatan (nagscreen), mengupgrade (membuka) feature tambahan. Shareware umumnya closed-source.
Contoh : Winzip, mIRC, MusicMatch Jukebox, Real Jukebox



DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak diunduh pada tanggal 21 april 2012 pukul 11.45 WIB
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/1994959-ibm-lotus-symphony/#ixzz1slVUKK1q diunduh pada tanggal 21 april 2012 pukul 12.00 WIB
http://affandes.wordpress.com/tag/word-processor/ diunduh pada tanggal 21 april 2012 pukul 12.13 WIB
http://arjunabancak.blogspot.com/2011/04/sistem-operasi-program-aplikasi-dan.html diunduh pada tanggal 21 april 2012 pukul 12.30 WIB
http://alamada.wordpress.com/2006/02/08/istilah-lisensi-software diunduh pada tanggal 21 april 2012 pukul 13.10 WIB

download pdf disini : software, hardware, OS

Komentar

Postingan Populer